Salam

Terimakasih atas kesediaanya membaca tulisan-tulisan dalam blog ini. Semoga memberi manfaat. Keselamatan, kesejahteraan dan berkah Tuhan semoga senantiasa melingkupi kita semua. Mari menikmati hidup ini...

Kamis, 19 Maret 2015

4 GAYA KOMUNIKASI NLP

Dalam berkomunikasi kita mempunyai 4 gaya yang kita gunakan. Namun, dari keempat gaya tersebut, selalu ada gaya yang dominan. Yang manakah gaya komunikasimu? Jika kita memahami gaya kita sendiri dan juga mengetahui gaya orang lain, niscaya komunikasi kita akan lebih efektif. Sebab kita bisa menyelaraskan dengan komunikasi orang lain. Hubungan kita pun akan lebih baik.   

1 | GAYA KOMUNIKASI VISUAL 

SIFAT-SIFAT UMUM
  • Memandang segala sesuatunya sebagai gambar.
  • Mengingat dengan menciptakan gambaran-gambaran visual dalam pikiran mereka.
  • Belajar lebih cepat.
  • Mudah bosan ketika mereka tidak punya rencana.
  • Menghargai waktu. Memulai dan mengakhiri semua dengan tepat waktu.
  • Lebih suka gambaran besarnya dibandning dengan detailnya.
KATA/FRASA YANG SERING DIGUNAKAN
  • Itulah pandangan saya.
  • Itu tidak cukup jelas.
  • Persoalan itu masih gelap.
  • Bisakah anda terangkan persoalan itu?
  • Demikianlah pengamatan saya.
  • Senang melihatmu lagi.
  • Wah, lama tidak kelihatan.
  • Sampai bertemu lagi.
  • Kamu tampak luar biasa.
  • Fokus.
  • Bayangkan.
  • Tunjukkan.
  • Tataplah.
  • Amati.
  • Mencerahkan.
  • Samar.
YANG DISUKAI ORANG LAIN DARI MEREKA
  • Mudah beralih dari satu topik ke topik yang lain.
  • Piawai dalam memahami gambaran besar atau visi dan bekerja berdasarkan hal itu.
  • Pengelola waktu yang hebat.
  • Ahli mencetuskan gagasan visi masa depan.
YANG KURANG DISUKAI ORANG LAIN DARI MEREKA
  • Mereka menjadi kaku dan tak luwes jika ada perubahan jadwal.
  • Mereka tak sabar jika mendengarkan atau membaca perincian.
  • Mereka cenderung melewatkan perincian.
  • Tak sabar dengan orang lain.
  • Mereka cenderung membuat orang lain dan diri mereka sendri terburu-buru.
YANG MEMBUAT DIA STRES ATAU KEHILANGAN KENDALI
  • Menjadi kaku dan tak luwes jika gambaran dikepala mereka berubah terlalu cepat atau terlalu sering
  • Mereka tak sabar dengan terlalu banyak kata, detail, dan pembicaraan yang tak putus putus.
  • Mereka kesal jika tugas tidak diselesaikan tepat waktu atau jika seseorang terlambat datang pada waktu yang telah dijanjikan.
CARA MEMBANTU ORANG VISUAL KEMBALI TENANG
  • Berilah mereka pemberitahuan yang cukup banyak ketika membuat perubahan atas jadwal mereka.
  • Berilah informasi yang jelas dan singkat.
  • Sarankan mereka untuk menyediakan waktu untuk mengatur dan merapikan kamar atau ruang kerja mereka.
  • Sarankan mereka untuk merencanakan kegiatan masa depan, apakah itu suatu liburan atau kegiatan-kegiatan baru.  
2 | GAYA KOMUNIKASI AUDITORI
SIFAT-SIFAT UMUM
  • Mengingat apa yang mereka dengar—kata demi kata.
  • Belajar dengan mendengarkan dan biasanya tanpa mencatat.
  • Pintar bercerita.
  • Berbicara kepada diri sendiri ketika bekerja atau berkonsentrasi (anda akan sering mendengar mereka membuat suara seperti ahhh…., hmmm…, oooh…, yaaa…).
KATA/FRASA YANG SERING DIGUNAKAN
  • Katakan sekali lagi.
  • Nada bicaranya serius sekali.
  • Program itu sudah dicanangkan.
  • Ucapan itu tidak enak di telinga saya.
  • Masalah itu tak usah digembar-gemborkan.
  • Sudahlah, tak usah diributkan kembali.
  • Simaklah uraiannya.
  • Nada.
  • Berceloteh.
  • Hening.
  • Membahana.
YANG DISUKAI ORANG LAIN DARI MEREKA
  • Mereka biasanya adalah pembicara yang fasih dan pintar bercerita.
  • Mereka dalah orang yang banyak “ide” bagus untuk bertukan pikiran (brainstorming).
  • Mereka menyukai diskusi dan memberikan deskripsi atau penjelasan yang panjang.
  • Banyak dari mereka adalah penulis dan editor yang piawai.
  • Mereka suka melakukan perbaikan (baik terhadap hal maupun proses).
YANG KURANG DISUKAI ORANG LAIN DARI MEREKA
  • Mereka cenderung berterus terang, kasar dan tampak terlalu apa adanya.
  • Sulit bersikap diplomatis.
  • Mereka memberikan pendapat yang keras baik diminta maupun tidak.
  • Mereka cepat marah jika merasa tidak didengarkan.
  • Sering menyela dan sulit membiarkan orang lain menyelesaikan ucapan mereka.
  • Mereka cenderung melompat dari topik ketopik.
  • Mereka akan merajuk atau menarik diri ketika ide-ide mereka tidak diterima.
  • Mereka jatuh cinta pada suara mereka sendiri.
  • Mereka akan mengulang-ulang kata-kata mereka sampai mereka yakin bahwa mereka telah didengar.
YANG MEMBUAT DIA STRES
  • Jika ide mereka ditentang dan ditolak, mereka akan menarik diri dan frustasi.
  • Mereka bisa meninggikan suara bila merasa tak didengarkan dan akan berbicara dengan kasar.
  • Memburu-buru mereka ketika mereka berbicara.
  • Menyela mereka terlalu sering.
  • Ada suara berisi di latar belakang yang tak bisa mereka matikan.
CARA MEMBANTU ORANG AUDITORI KEMBALI TENANG
  • Tunjukkan bahwa anda terbuka bagi masukan-masukan dan ide-ide mereka.
  • Katakan kepada mereka bahwa anda akan menjadi pendengar ide-ide mereka pada waktu tertentu.
  • Berikan perhatian penuh anda sebagai seorang pendengar.
  • Jika mereka melantur dari topik, atau bermain-main terlalu lama, dorong mereka perlahan-lahan kembali ke jalur, dan bantu mereka untuk fokus pada apa yang sebenarnya mereka inginkan.
3 | GAYA KOMUNIKASI KINESTETIK 

SIFAT-SIFAT UMUM
  • Biasanya berbicara pelan.
  • Paling mudah belajar dengan melakukan.
  • Membutuhkan waktu untuk “merasakan dengan cara mereka” terhadap informasi baru.
  • Bisa mengatakan bahwa mereka “merasakan” sesuatu itu baik atau salah saat diminta untuk mengambil keputusan.
  • Memiliki kecenderungan mengambil waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan atau situasi baru ataumengubahnya menjadi seperti yang telah mereka akrabi.
KATA/FRASA YANG SERING DIGUNAKAN
  • Ayo kita sentuh persoalan ini.
  • Saya mulai menangkap maksudnya.
  • Hati-hati di jalan.
  • Mari kita duduk bersama.
  • Aku senang kamu menelpon.
  • Terkait
  • Menekan
  • Menggenggam
  • Menyerang
  • Nyaman
  • Tersandung
  • Keras
  • Lembut
  • Bermain
  • Merasa
  • Kuat
  • Bersama
  • Hubungan
YANG DISUKAI ORANG LAIN DARI MEREKA
  • Mereka pandai dalam membangun hubungan.
  • Mereka sangat setia.
  • Mereka menyayangi dan mendukung.
  • Mereka berorientasi detail.
  • Mereka adalah pemain tim yang hebat.
YANG KURANG DISUKAI ORANG LAIN DARI MEREKA
  • Sebagian besar sulit mengambil keputusan dengan cepat.
  • Mereka kewalahan jika dihadapkan dengan terlalu banyaknya pilihan.
  • Mereka cenderung memberikan lebih banyak detailbdaripada yang dibutuhkan atau diinginkan oleh kebanyakan orang.
  • Mereka bisa amat lambat dan bekerja prosedural sehingga membutuhkan lebih banyak waktu daripada orang lain dalam menyelesaikan sebuah tugas.
  • Mereka ingin merasa dibutuhkan dan karena itu bisa sangat menuntut dalam hubungan pribadi maupun organisasi.
YANG MEMBUAT DIA STRES ATAU LEPAS KENDALI
  • Merasa diabaikan atau ditinggalkan.
  • Ketika tak merasa nyaman atau percaya diri dalam sebuah situasi atau hubungan, mereka menuntut perhatian.
  • Ketika merasakan suasana atau hubungan yang memburuk, mereka bisa menarik diri, baik secara fisik maupun emosional.
  • Terlalu banyak pilihan atau tugas yang rumit, mereka bisa kewalahan dan menghindari melakukan apa yang perlu dilakukan.
  • Ada yang menghentikan kesenangan dan mematikan kreatifitas mereka dengan terlalu menganalisis. Sehingga mereka nyaris tidak melakukan apa pun untuk menghindari konflik dan cenderung menjadi pasif alih-alih membela diri atau menyuarakan sebuah pendapat.
CARA MEMBANTU ORANG KINESTETIK KEMBALI TENANG
  • Tanyakan kepada mereka cara apa danbagaimana yang paling tepat untuk mendukung mereka.
  • Beri mereka waktu untuk menyendiri di ruangannya.
  • Doronglah mereka untuk memisahkan perasaan mereka dengan perasaan orang lain.
  • Berikan mereka panduan yang mereka butuhkan untuk mengambil tindakan dan terus bergerak maju.
  • Jangan menjejali mereka dengan terlalu banyak informasi sekaligus. Pecahlah menjadi langkah kecildan kabarkan kepada mereka “tangga-tanggal mulai” jauh-jauh hari.

4| GAYA KOMUNIKASI DIGITAL 

SIFAT-SIFAT UMUM
  • Mengingat dengan langkah-langkah dan urutan-urutan.
  • Mengolahinformasi dengan cara metodis, rasional, dan logis.
  • Sangat berorientasi detail.
  • Memiliki kebutuhan yang kuat untuk memaknai dunia sekeliling mereka.
  • Belajar dengan mengolah hal-hal di dalam pikiran mereka.
  • Membutuhkan waktu untuk memproses informasi baru.
KATA ATAU FRASA YANG SERING DIGUNAKAN
  • Tak diragukan lagi.
  • Kata demi kata.
  • Menggambarkan secara mendetail.
  • Saya akan pikirkan hal ini.
  • Memaknai hal ini.
  • Memusatkan perhatian pada …
  • Saya tahu apa yang kamu maksudkan.
  • Urutan.
  • Perubahan.
  • Awal/akhir.
  • Persepsi.
  • Halo
  • Ya…
  • Sekian dulu.
  • Sampai nanti.
YANG DISUKAI ORANG LAIN DARI MEREKA
  • Mereka ahli memecahkan persoalan yang rumit.
  • Mereka ahli strategi yang hebat.
  • Mereka unggul dalam mengurutkan dan menyusun tugas atau proyek.
  • Mereka amat piawai dalam mengolah detail.
  • Mereka amat mahir dalam merencanakan acara.
  • Mereka melihatbagaimana bagian-bagian saling melengkapi untuk menciptakan “gambaran besarnya”.
  • Kesetiaan mereka begitu kuat.
YANG DISUKAI ORANG LAIN DARI MEREKA
  • Mereka lambat memercayai orang baru, hal-hal baru,dan bahkan konsep-konsep baru.
  • Mereka tak suka disela.
  • Mereka bisa menjadi keras kepala dan suka diminta untuk melakukan sesuatu alih-alih disuruh.
  • Mereka tidak membagi-bagikan informas idan harus diminta secara khusus.
YANG MENEYEBABKAN MEREKA STRES ATAU LEPAS KENDALI
  • Ketika jadwal mereka terganggu atau rutinitas mereka dikacaukan, mereka cenderung menjadi kaku dan keras kepala.
  • Ketika keteraturan mereka terganggu, mereka mencoba mengembalikannya sendiri tanpa mempertimbangkan kebutuhan atau perasaan orang lain.
  • Ketika mereka stres, mereka menarik diri dari komunikasi.
  • Mereka bisa stres akan hal-hal yang mungkin terjadi suatu ketika pada masa depan.
CARA MEMBANTU ORANG DIGITAL AGAR KEMBALI TENANG
  • Tanyakan kepada mereka apa yang mereka butuhkan untuk memperbaiki keadaan.
  • Beri mereka waktu sendirian untuk berpikir.
  • Dorong mereka untuk makan, sebab mereka lupa makan jika sangat sibuk dalam tugas.
  • Ingatkan mereka untuk memercayai proses yang sedang berlangsung, dan dorong untuk tak terlalu mengkhawatirkan masa depan. 


Sumber bacaan: 
Michael J. Losier, Law of Connection 
Mengungkap Rahasia Sukses Menjalin Hubungan Pribadi dan Bisnis.
[]

@pakguruobi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar