Salam

Terimakasih atas kesediaanya membaca tulisan-tulisan dalam blog ini. Semoga memberi manfaat. Keselamatan, kesejahteraan dan berkah Tuhan semoga senantiasa melingkupi kita semua. Mari menikmati hidup ini...

Kamis, 29 September 2011

Ia bertanya pada angin, tentang Tuhan

Dikisahkan,

Meski hidup dikehidupan moderen, bukan lagi dikehidupan pewayangan, atau seperti satria-satria yang berada di hutan, Abyasa seringkali membayangkan bahwa ia sedang berada di hutan belantara yang begitu menyeramkan. Ya perkotaan memang layaknya hutan belantara yang seringkali ada binatang binatang buas. Bedanya kalau di hutan beneran binatang buasnya adalah juga binatang beneran. Kalau di kota binatang buasnya adalah manusia itu sendiri. binatang jadi-jadian.

Maka di tengah kesibukannya mengejar dunia, ia juga menginginkan suatu hal yang sejati. Maka, ia mencarinya di manapun, dan ia punya keyakinan bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang sejati itu tidak sulit, hanya saja perlu adanya upaya yang terus menerus, butuh ketekunan yang kuat. Karena untuk memperoleh hal yang sejati tak bisa main-main. Memang benar kesejatian itu tak akan hilang. Seharusnya ia tak usah dicari karena ia selalu ada. Maka sebenarnya yang harus dicari adalah kesejatian dirinya sendiri. Kemurnian hatinya sendiri untuk bisa mengetahui yang sejati itu.

Ia bertanya pada angin, bagaimanakah cara untuk mendekati Tuhan? maka angin memberikan jawaban dengan hembusan yang kencang, sehingga dedaunan yang semula jauh berserakan, mendekat ketubuhnya. Tampaknya daun yang ringan itu mengikuti gerak angin. Ia taat pada hukum yang meliputinya. Ia melihat bahwa jika daun-daun itu bisa mendekat kepadanya karena patuh kepada angin dengan mengikuti hukum gerak angin tanpa perlawanan maka ia akan terbawa hembusan angin itu dan membawanya mendekat kepada dirinya.

Ia menyimpulkan untuk mengikuti hukum yang diajarkan oleh angin. Jika ingin dekat dengan Tuhan, maka tak ada jalan lain yaitu dengan menaati hukum-hukumNya.

[]

Ahmad Shobirin,

penikmat kopi susu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar